Laman

Kamis, 31 Desember 2015

Accounting Conference In Accounting Fair Universitas Bakrie 2014


Seminar yang saya ikuti kali ini adalah seminar tentang Integrated Reporting yang dilaksanakan pada Accounting Fair Universitas Bakrie pada tanggal 5 Maret 2014 yang diadakan di Universitas Bakrie yang mengusung tema besar “Implementing Integrated Reporting to Support Indonesia Sustainable Development”.
Acara kali ini diawali dengan acara Accounting Conference yang mengambil subtema “Integrated Reporting: Contribution Towards a More Financial Stable Global Economy and Connection to Local Community”. Accounting Conference dilaksanakan di Kampus Universitas Bakrie dan dibagi atas dua sesi, sesi pertama diisi oleh Ali Darwin , Ak. M. Sc (Executive Director NCSR) dan sesi kedua diisi oleh dua pembicara yaitu Rahmad Dianoor S.E (Head of Financial PT. Energi Mega Persada Tbk.) dan Ni Made Ria Astuti, S.E. M. Sc. Ak, CA. (Ikatan Akuntan Indonesia).
tema Accounting Conference pada kali ini adalah Integrated Reporting untuk memperkenalkan kepada masyarakat pada umumnya dan civitas akademik seperti mahasiswa. Diharapkan perkenalan ini mampu menimbulkan kesadaran untuk menerapkan sistem integrated reporting pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Faktanya adalah baru sekitar 50 perusahaan yang menerapkan integrated reporting sebagai laporannya.
Integrated reporting itu sendiri merupakan salah satu dari laporan akuntansi yang mengharuskan perusahaan tidak hanya memperhatikan laporan keuangan tetapi juga harus memperhatikan bumi dan manusia, misalnya perusahaan tersebuat adalah sebuah produsen kertas yang memerlukan pohon untuk bahan bakunya, untuk membuat kertas perusahaan tersebut harus menebang pohon tetapi perusahaan tersebut haruslah memanamnya kembali atau pohon tersebut termasuk pohon industri sehingga bisa terus berkelanjutan tanpa harus merusak bumi. berkelanjutan disini dalam arti semakin kedepan semakin ramah lingkungan, di indonesia hanya 50 perusahaan yang menerapkan Sustanable Reporting.

Ini adalah Evolusi Pelaporan Perusahaan

Finansial Reporting --> Management Reporting --> Green Reporting --> Sustainability Report --> Integrated reporting





Accounting Fair Universitas Bakrie 2014 terselenggara dengan sukses berkat dukungan dari On that Point dan Ikatan Akuntan Indonesia serta bekerja sama dengan berbagai sponsor, yaitu Pertamina, Energi Mega Persada, CPS soft, Kangean Energy Indonesia, Standard pen, Lovetory, Indosat, Joko catering, Decokelat Rich,  dan Crush Kit. Selain itu, Accounting Fair Universitas Bakrie 2014 juga bekerja sama dengan media partner seperti Merdeka.com, Bisnis Indonesia, Hai, Seputar Kampus, Komunitas Jago Akuntansi Indonesia, Young On Top, SMA Punya Acara, B-Voice, AboutJKT, Yess! Magz, AnakUI.com, RITMA, dan KabarKampus.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar